Image default
Kesehatan

Banyak Minum Air Putih & Kurangi Konsumsi Makanan Pedas Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit di tenggorokan. Sementara itu, faktor pemicu lainnya bisa disebabkan dari makanan atau udara. Gejala yang dialami setiap orang pun berbeda beda, ada yang mengalami gejala ringan dan bahkan parah, seperti demam hingga kesulitan untuk menelan.

Dilansir , Sabtu (4/4/2020) berikut gejala yang ditimbulkan radang tenggorokan. 1. Demam mendadak, kemungkinan suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat celcius atau lebih tinggi 2. Sakit tenggorokan, merah dengan bercak putih

3. Sakit kepala 4. Panas dingin 5. Kehilangan nafsu makan

6. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher 7. Kesulitan menelan Cara meredakan radang tenggorokan adalah dengan meminimalisir pemicunya.

Perbanyak minum air putih dan kurangi makan makanan yang memicu radang seperti minum es dan makan makanan pedas. "Cara menyembuhkannya ya dengan selalu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, kurangi minum es, makanan pedas, dan gorengan," Jika keluhan radang tenggorokan disertai dengan gejala sistemik, sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat.

"Namun, jika pasien merasakan keluhan lain seperti demam tinggi, maka perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan tambahan obat yang perlu dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter," ujar dr. Wulan. Pasien juga bisa melakukan mengobatan sendiri di rumah seperti berikut ini: Berkumurlah dengan air garam yang hangat.

Hal tersebut dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal. Garam akan mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang, serta membantu meringankan ketidaknyamanan. Dilansir , Klinik The Mayo merekomendasikan untuk mencampur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 4 hingga 8 ons air hangat.

Kemudian aduk hingga garam tersebut larut, setelah itu berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi berkumur dengan air garam selama beberapa kali setiap hari. Dilansir , sebaiknya konsumsi madu untuk meredakan gejala radang tenggorokan yang disertai batuk pada orang dewasa dan anak anak berusia minimal 1 tahun atau lebih.

Minumlah minuman hangat dan tetap terhidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup untuk membuat tenggorokan terlumasi secara alami. Ini akan membuat pembengkakan dan peradangan bertambah buruk.

Minum minuman hangat seperti teh hangat atau sup hangat juga merupakan pilihan yang baik. Jangan meminumnya jika masih dalam keadaan panas, karena itu akan membakar tenggorokan Anda yang sudah sensitif dan memperburuk keadaan. Hindari juga kafein dan alkohol, yang dapat membuat tenggorokan Anda menjadi lebih kering.

Jika gejala yang dialami tidak kunjung membaik, sangat disarankan untuk segera kunjungi dokter terdekat.

Berita Terkait

Sido Muncul Bersama Alumni FKUI 1979 Adakan Operasi Gratis Celah Bibir & Langit-Langit

Maya Rosfi'ah

Olahraga Teratur hingga Pilih Sumber Protein Favorit 6 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Maya Rosfi'ah

2020 Lebih Produktif dengan Paket Suplemen Khusus Pekerja dari JOVEE

Maya Rosfi'ah

Solusi Bibir Pecah Pecah, Coba Tips Praktisi Kesehatan Andrew Weil MD Ini, Mudah!

Maya Rosfi'ah

Jika Tak Tepat Posisinya Fungsi untuk Halangi Polusi Tidak Maksimal, Ini Cara Benar Pakai Masker

Maya Rosfi'ah

5 Tips Hadapi Nyamuk Bandel saat Musim Hujan

Maya Rosfi'ah

Ini Penjelasan Dokter Virus Corona Telan Banyak Korban Jiwa Adakah Obatnya & Bisakah Disembuhkan

Maya Rosfi'ah

hingga Keju Apel Stroberi 7 Makanan yang Dapat Membuat Gigi Kuning Menjadi Putih Kembali

Maya Rosfi'ah

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment