Image default
Seleb

Disambut Antumurs Warga Hingga Teteskan Air Mata Fakta Kepulangan Susi Pudjiastuti menuju Pangandaran

Lepas dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pulang ke kampung halaman. Seperti yang diketahui, Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja Presiden Jokowi periode 2014 2019. Sosoknya yang nyentrik dengan kepribadian yang sederhana membuat Susi Pudjiastuti begitu dicintai.

Selain itu, selama ini Susi Pudjiastuti juga dikenal tegas. Susi Pudjiastuti tak segan untuk menenggelamkan kapal kapal asing ilegal yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Namun sayang, Susi Pudjiastuti tak lagi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019 2024.

Kini posisi tersebut telah digantikan oleh Edhy Prabowo. Rabu 23 Oktober 2019 lalu, Susi Pudjiastuti resmi melepas jabatannya. Susi Pudjiastuti mengaku senang mengetahui Edhy Prabowo diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menggantikan dirinya.

Hal ini lantaran menurut penuturan Susi Pudjiastuti, Edhy Prabowo adalah orang yang dia kenal dengan baik dan mengetahui semua program KKP. Tak lagi menjadi menteri, Susi Pudjiastuti putuskan pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Pangandaran. Kepulangan Susi Pudjiastuti ke kampung halaman ini disambut antusias oleh masyarakat.

Warga hingga pelajar sekolah bahkan menyambutnya di landasan pacu Panguran, Kabupaten Pangandaran, Sabtu 26 Oktober 2019 pagi. Susi Pudjiastuti yang tak kuasa menahan haru disambut meriah oleh warga ini tampak menyeka air matanya. Mantan menteri ini pun membalas antusiasme warga dengan melempar senyum dan lambaian tangan.

Berikut ini fakta di balik Susi pulang kampung setelah tak menjabat menteri lagi hingga disambut ribuan masyarakat dan pelajar. Rabu, (23/10/2019) pagi, Presiden Jokowi resmi mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta. Dalam pengumuman itu, untuk posisi Menteri Kelautan dan Perikanan tak lagi dijabat Susi Pudjiastuti. Posisi itu digantikan Edhy Prabowo.

Setelah resmi diumumkan Presiden Jokowi, Susi pun resmi melepas jabatannya kepada Edhy Prabowo, usai acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu. Susi mengaku senang, diangkatnya Edhy menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Sebab, Edhy adalah orang yang dia kenal dengan baik dan mengetahui semua program KKP.

Jadi segala macam yang dia khawatirkan soal kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan laut sirna sudah. Dia yakin Edhy bisa meneruskan kebijakannya. Setelah tak lagi menjadi menteri, Susi mengaku ingin liburan.

Dia tidak ingin menjelaskan lebih jauh ke mana akan berlibur. Sebab jika dia bilang, khawatir awak media akan mengikutinya. "Ya rahasia dong nanti kalian ngikutin lagi ah," selorohnya, di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu.

Meski tak menjabat sebagai menteri lagi. Namun, sosok Susi Pudjiastuti masih dicintai masyrakat. Hal ini terbukti saat Susi pulang kekampung halamannya di Kabupaten Pangandaran. Ribuan masyarakat, pelajar sekolah dasar hingga menengah menyambut kedatangannya di landasan pacu (beach strip) Pamugaran, Kabupaten Pangandaran, Sabtu pagi.

Berbagai ucapan disampaikan warga di spanduk yang dibawa, di antaranya "Selamat Datang Bu Susi Pudjiastuti", "Sugeng Rawuh Bu Susi, Welcome back on The District Pangandaran Ibu Susi Pudjiastuti", hingga ucapan "Terima kasih atas kerja keras dan prestasimu selama ini". Seorang pelajar MTs 1 Pangandaran, Dicky Fazran mengatakan, ia bersama teman temannya sudah berada di landasan pacu pukul 06.00 WIB. Sebelum ke lokasi penyambutan, ia berkumpul di sekolah kemudian sama sama pergi ke Pamugaran dengan temannya.

"Semua pelajar ke sini menyambut Bu Susi," katanya. Hal senada dikatakan Yuni, siswa SD 5 Wonoharjo yang mengatakan, ingin bertemu langsung dengan Susi. Yuni berharap, Susi menjadi menteri kembali.

"Iya, inginnya ibu jadi menteri lagi," katanya. Susi yang melihat antusias warga membalas dengan senyuman dan lambaian tangan. Susi mengatakan, sambutan dari masyarakat Pangandaran sangat luar biasa, dan Susi pun mengaku senang.

"Ini kerjaan Pak Jeje (Bupati Pangandaran) dan Pemda, menyambut," kata Susi. Susi bersyukur pekerjaannya sebagai menteri telah selesai dijalankan. "Alhamdulillah, kerjaan saya purna," kata dia.

Meskipun tak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan lagi, Susi mengatakan, ia akan tetap peduli dengan laut. "Saya orang laut, harus peduli laut," ujarnya. Susi mengaku senang kembali ke Pangandaran.

Dia pun senang atas sambutan luar biasa dari masyarakat Pangandaran.

Berita Terkait

Gak Ada Hubungan sama Waria! Reaksi Lucinta Luna saat Video Sosok ‘Cleo’ Be A Man Ditayangkan

Maya Rosfi'ah

‘Gue Nggak Bisa Masak’ Video Ardi Bakrie Buat Sarapan buat Anak-anak Suamiable Nia Ramadhani

Maya Rosfi'ah

Aktor ‘Bombom’ Sahabat Marshanda Terkuak Apa Penyebab Meninggalnya Cecep Reza Dari Chat WhatsApp

Maya Rosfi'ah

Iya Ngaku Bintitan Sampai di Rawat di Luar Negeri Operasi Kelopak Mata Lucinta Luna Ngaku

Maya Rosfi'ah

Knock Knock di Trans TV Jadwal Acara TV Rabu Suspicious Partner di NET TV 15 Juli 2020

Maya Rosfi'ah

Hanya Minta Ini dari Arya Satria Claproth Ini Tanggapan Karen Pooroe Marshanda Diperiksa Polisi

Maya Rosfi'ah

The Rise of Skywalker Terungkap Peran Apa yang Dibintanginya Ed Sheeran Jadi Cameo di Star Wars

Maya Rosfi'ah

Mira Lesmana hingga Iwan Fals Sampaikan Duka Cita Seniman Djaduk Ferianto Tutup Usia

Maya Rosfi'ah

Kartu Kreditnya Unlimited Beri Uang Bulanan Rp 40 Juta Ruben Kesal Sarwendah Tak hendak Belanja Tas

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment