Image default
Kesehatan

Efek Merokok pada Kulit dan Rambut: Mengakibatkan Jerawat hingga Penuaan Dini

Merokok dapat merusak penampilanmu serta menjadi sebuahjebakan yang tidak mudah keluar. Namun sayangnya, gaya hidup sedemikian rupa mengakibatkan merokok dan alkohol sebagai bagian rutin dari kehidupan kita. Merokok dapat menyebabkan efek buruk dan tahan lama pada penampilanmu yang tidak dapat dipulihkan.

Berikut efek berbahaya merokok pada penampilanmu yang dirangkum dari boldsky.com . Merokok secara teratur sangat mempengaruhi kulitmu. Ini adalah pengamatan umum bahwa orang orang yang kecanduan merokok terlihat jauh lebih tua dari usia mereka.

Nikotin yang ada dalam rokok melemahkan aliran darah ke kulit. Sehingga kulitmu tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, dengan demikian memulai proses penuaan kulit. Mereka yang sudah merokok sejak lama akan melihat kerutan di sekitar mulut dan di sekitar mata.

Penarikan bibir secara konstan saat merokok bisa menjadi alasan timbulnya kerutan di sekitar mulut. Meskipun, itu terjadi setelah bertahun tahun merokok, efek merokok pada kulit Anda tidak dapat dipulihkan. Pecandu okok cenderung menderita jerawat.

Merokok meningkatkan ekskresi sebum kulit dan mengurangi kadar vitamin E. Kelebihan sebum yang diproduksi di kulit akan menyumbat pori pori kulit dan menyebabkan jerawat. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga mengurangi kadar vitamin E akan mengurangi perlindungan kulit kita dan menyebabkan jerawat.

Efek lain dari merokok secara teratur adalah penggelapan bibir. Paparan nikotin yang konstan dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Jika kamu perokok biasa, kamu akan menemukan bahwa warna pipi alami akan memudar setelah beberapa saat, yang mengarah ke bibir yang gelap dan bernoda.

Lingkaran hitam biasanya dikaitkan dengan kurang tidur. Namun sayangnya, itu tidak selalu terjadi. Kebiasaan kita sehari hari terkadang dapat menyebabkan lingkaran hitam, dan merokok jelas merupakan kebiasaan semacam itu.

Merokok menghambat aliran darah ke kulit dan karenanya kulit tidak menerima nutrisi yang dibutuhkannya. Akibatnya kulit menjadi tipis dan kantong serta lingkaran di bawah area mata menjadi cukup terlihat. Merokok juga dapat membuat kulitmu dehidrasi dan karenanya menyebabkan lingkaran hitam.

Efek berbahaya lain dari merokok terus menerus adalah kulit kendur. Merokok mempengaruhi produksi kolagen kulit. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit.

Karena itu, pengurangan kolagen berdampak pada elastisitas kulit dan kulit mulai melorot. Merokok cenderung menodai jari jarimu. Tembakau yang ada dalam rokok memiliki kecenderungan pewarnaan kulit dan dengan demikian jari jarimu menjadi kuning.

Tidak hanya jari jarimu, merokok juga menodai kukumu. Nah, tidak hanya kulitmu, merokok juga memiliki efek berbahaya pada rambut. Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang akan kamu hadapi jika kamu merokok secara teratur.

Racun dalam tembakau menyebabkan kerusakan pada folikel rambu dan dengan demikian menyebabkan rambut rontok. Merokok juga menyebabkan kerusakan rambut. Merokok secara teratur membuat rambutmu kering, kusam, dan rapuh.

Ini karena menyusutnya pembuluh darah yang berdampak pada sirkulasi darah di kulit kepalamu. Masalah rambut lain yang akan kamu hadapi jika kamu kecanduan rokok adalah rambutmu mulai beruban. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang merokok secara teratur cenderung mengalami rambut beruban sebelum usia 30 tahun.

Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa merokok menghasilkan radikal bebas dan yang dapat merusak sel sel penghasil melanin. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna rambutmu, dengan demikian pengurangan produksi melanin akan menyebabkan rambut beruban. Tembakau tidak hanya dapat menodai jari jari kita, tetapi juga gigimu.

Kamu akan melihat gigimu menguning dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, merokok juga mempengaruhi gusimu dan juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, kehilangan gigi, dan bahkan bau mulut. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan gaya hidup.

Motivasi dirimu dan bantu dirimu untuk berhenti merokok !!

Berita Terkait

Ini Faktanya Benarkah Kita wajib Minum 8 Gelas Air Putih Sehari

Maya Rosfi'ah

Mata Tertutup Masih Terbaring UPDATE TERBARU Hasil Operasi Kanker Ginjal Penyanyi Vidi Aldiano

Maya Rosfi'ah

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Maya Rosfi'ah

Iuran BPJS Kesehatan Naik! Berikut Rincian Perubahan Tarif Tiap Kelas Per 1 Januari 2020 Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Prioritaskan Ini Pertolongan Pertama Serangan Jantung Seperti Dialami Politikus Adian Napitupulu

Maya Rosfi'ah

Ini 8 Cara Menurunkan Berat Badan buat umur di Atas 40 Tahun Mudah & Efektif

Maya Rosfi'ah

Dugaan Penyebaran Virus Corona di Kantor Gedung BRI Jakarta

Maya Rosfi'ah

Jika Tak Tepat Posisinya Fungsi untuk Halangi Polusi Tidak Maksimal, Ini Cara Benar Pakai Masker

Maya Rosfi'ah

Bidan Berperan dalam Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Seksual Perempuan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment