Image default
Otomotif

Memahami Fitur Cruise Control Pada Mobil Mewah yang Bisa Berbahaya di Jalan Tol

Fitur ini berfungsi agar kecepatan mobil konstan tanpa harus menginjak pedal gas. Pada dasarnya fitur ini diciptakan agar pengemudi dapat mengistirahatkan kakinya sejenak dan tdiak harus terus menginjak pedal gas. Oleh sebab itu sebaiknya fitur ini hanya digunakan untuk perjalan jauh dan kondisi jalanan yang berkarakter cepat dan relatif lengang.

Seperti contoh, saat mobil berada pada kecepatan minimal 60 km per jam (Kpj). Saat pengemudi sudah memacu kendaraan pada kecepatan ini. Cukup dengan menekan tombol cruise control yang berada di dekat kemudi, setelah itu mobil bisa melaju konstan.

“Fitur ini akan sangat berguna ketika pengemudi menempuh jarak jauh, karena tidak perlu menginjak pedal gas. Otomatis pengemudi juga akan lebih nyaman dan tidak mudah lelah ketika berkendara” ujar Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (07/03/2020). Meskipun fitur ini akan tidak berfungsi lagi ketika pengemudi menginjak pedal rem, sebaiknya pengemudi tetap fokus dan tidak lengah saat berkendara. Karena jika salah, potensi celaka bisa saja terjadi dan menyebabkan tabrakan dengan kendaraan lain.

Seperti yang disampaikan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, ia menilai kebiasaan pengemudi di Indonesia ketika di jalan tol kurang baik, berbeda dengan luar negeri. Sebagai contoh sering berpindah lajur secara mendadak, sehingga bisa membahayakan pengemudi lain yang sedang menggunakan fitur tersebut. “Ketika pengemudi sering pindah jalur, otomatis kecepatan yang sudah diatur menggunakan fitur tersebut akan kembali lagi seperti biasa, belum lagi kalau sering berpindah lajur, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ujar Jusri.

Jusri menyarankan untuk menggunakan fitur tersebut sesuai dengan porsi atau kondisi lalu lintas di jalan Tol, jangan sampai membuat cedera karena mengalami kecelakaan. Kecelakaan.

Berita Terkait

Deretan Mobil Bekas Yang Paling Dicari Jelang Lebaran, Awas Modus Pedagang Tipu Tipu

Maya Rosfi'ah

Ini Lo Makna Emblem ‘RS’ Pada Mobil Honda Banyak yang Tidak Tau

Maya Rosfi'ah

Dijual dari Rp 16 4 Juta & Berteknologi eSAF Harga & Spesifikasi Honda BeAt 2020

Maya Rosfi'ah

Helm Cargloss Banjir Promo di GIIAS 2019

Maya Rosfi'ah

Ketahui Celah Air Masuk menuju Transmisi Matik Bila Mobil Terendam Banjir

Maya Rosfi'ah

Lahir di Ambulans Ibu di Lebak Ini Mantap Namai Bayinya Amdes

Maya Rosfi'ah

Kakak Beradik Rio Bramantio dan Rian Risky Raih Hasil Maksimal di Putaran I ISSOM 2019

Maya Rosfi'ah

Berikut Spesifikasi Toyota 2.5 HV G Executive Jadi Tunggangan Baru Para Menteri

Maya Rosfi'ah

Ketahui Budget Ganti Oli Mesin Mitsubishi Xpander dan Spek Olinya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment