Image default
Travel

Patung Hantu Berkerudung dari Lithuania Mengulik Jejak Juodasis Vaiduoklis

Klaipeda adalah kota pelabuhan yang bersejarah dan relatif tenang di pantai Baltik Lithuania. Sejak pertama kali disebutkan dalam catatan sejarah pada 1252, Klaipeda pernah diperintah oleh Ksatria Teutonik, Kerajaan Prusia, Kekaisaran Jerman, hingga Tentara Merah Soviet. Berkat peran bersejarahnya sebagai satu pelabuhan bebas es terpenting di Baltik Timur, Klaipėda telah lama menjadi lokasi maritim yang penting, dengan galangan kapal besar dan pelabuhan perikanan.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa kapal pesiar mendarat di Klaipaida. Kebanyakan penumpang kapal menghabiskan waktu untuk menikmati pantai pasir putih di dekatnya dan berbagai teater, museum, situs bersejarah, dan tempat pembuatan bir tradisional kota. Tidak ada hal yang aneh dengan kota ini.

Hanya satu pemandangan yang cukup membuat wisatawan terheran. Pemandangan tak biasa itu bisa disaksikan wisatawan yang baru tiba. Lokasinya tepat berada di tepi laut yang damai.

Di sana mereka dapat melihat sosok berkerudung mirip Nazgul dari The Lord of the Rings, yang terlihat keluar dari air sembari memegang sebuah lentera di tangannya. Dipahat oleh Svajunas Jurkus dan Sergejus Plotnikovas, tingginya 7,8 kaki, dengan sekitar setengah di bawah di tepi laut dan setengah di atas. Patung ini menciptakan penampilan spektral yang aneh dan menyeramkan.

Bagi banyak pendatang baru, pertanyaan utama mengenai patung menyeramkan ini adalah: Mengapa? Yah, itu semua terkait dengan legenda lokal yang tidak begitu menakutkan seperti yang kamu bayangkan. Legenda kembali ke 1595, ketika Hans von Heidi, seorang penjaga di Kastil Klaipėda yang sedang melakukan pemeriksaan di dekat pelabuhan.

Entah dari mana, sosok berkerudung muncul di dekat tepi air. Alih alih menyerang penjaga yang terkejut, sosok itu justru bertanya kepadanya bagaimana persediaan gandum dan kayu yang ada di kota. Von Heidi memberi tahu hantu itu kota memiliki persediaan yang cukup, tetapi hantu itu memperingatkannya itu tidak akan cukup.

Pada saat itu, penampakan menghilang. Kembali di masa lalu, tentu saja, orang cenderung percaya kata kata hantu, penyihir, goblin, dan raksasa. Maka, Hans von Heidi dengan patuh memberi tahu atasannya tentang pertemuannya dengan hantu, dan kota itu mulai menambah pasokan kayu dan gandum.

Kemudian bencana kelaparan dan kekurangan bahan makanan terjadi beberapa tahun setelahnya. Dan berkat peringatan hantu itu, penduduk Klaipėda bisa bertahan hidup. Jadi sebagai bentuk penghargaan, dibuatlah patung Juodasis Vaiduoklis.

Patung Hantu Hitam terletak di dekat reruntuhan Kastil Klaipėda, tepat di seberang jembatan ayun dan di dekat Old Mill Hotel. Klaipėda terletak di Lituania barat di sepanjang pantai Laut Baltik. Pada malam hari patung itu diterangi secara internal dengan cahaya hijau, membuatnya sedikit lebih menyeramkan dari biasanya.

Berita Terkait

Termasuk Diam saat Bertemu Ular 9 Tips Bertahan Hidup yang Ternyata Berbahaya

Maya Rosfi'ah

Wendy’s Serba Rp 11 Ribu Starbucks Beli 2 hanya Rp 50 Ribu Promo Hari Ayah Nasional

Maya Rosfi'ah

4 Ide Seru Liburan Akhir Tahun di Jakarta

Maya Rosfi'ah

6 Makanan Paling Ekstrem di Dunia Ada Berani Coba Mata Ikan Tuna

Maya Rosfi'ah

Ada Satu yang Terjadi di Indonesia 9 Fenomena Alam Paling Menakjubkan & Misterius di Bumi

Maya Rosfi'ah

13 Tempat Membeli Lumpia Khas Semarang di Jakarta

Maya Rosfi'ah

Status Naik ke Level II Waspada, 3 Jalur Pendakian Gunung Slamet Ditutup

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 7 Tempat Makan Halal di Penang buat Traveler Muslim

Maya Rosfi'ah

Ada Tanduk hingga Cetakan Waffle 10 Benda Aneh Ini Bisa Lolos Screening Keamanan Bandara

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment