Image default
Nasional

Penerimaan ASN Dibuka Oktober 2019, Kepala BKN Jelaskan Kendala Pelamar CPNS

Penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru tahun 2019 ini akan dibuka kembali Oktober mendatang. “Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 yang mencakup 100.000formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan 100.000 formasi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) Tahap Kedua,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Selasa (30/7). Kepala BKN memperkirakan sebanyak 5,5 juta pelamar akan mengikuti seleksi penerimaan ASN pada Oktober mendatang.

Jumlah itu melebihi pelamar pada seleksi CPS tahun 2018 sebanyak 3.636.251 juta, dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791. Selaku Ketua Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas), Kepala BKN juga menyampaikan sejumlah kendala yang dialami pelamar CPNS 2018, di antaranya: 1) Database kependudukan yang tidakupdate, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat;

2) Sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan; 3) KTP yang diunggah pelamar tidak jelas/bukan KTP asli, dan 4) Sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap. Beberapa permasalahan ini yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi. Untuk rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019, menurut Kepala BKN, dari aspek infrastruktur seleksi, 108 titik lokasi di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan melalui fasilitas yang disediakan BKN dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah.

“Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak, oleh karena itu beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah,” kata Bima.

Berita Terkait

Diam-diam Duduk di Samping Saat Prabowo Subianto Tertawa Prank Staf yang Tertidur Pulas

Maya Rosfi'ah

Semoga Membawa Keberkahan Ahok & Puput Nastiti Devi Kompak Ucapkan Selamat Berpuasa

Maya Rosfi'ah

Rincian Lengkap 21 Butir Dalil Prabowo Sandi Yang Ditolak Hakim Konstitusi

Maya Rosfi'ah

Khusus Peserta Mandiri Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online melalui Aplikasi Mobile JKN

Maya Rosfi'ah

Pria di Lampung Gaet Siswi SMP melalui Facebook hingga Dicabuli Mengaku Intel Polisi

Maya Rosfi'ah

IPW Bocorkan Pangkat & Motif Pelaku Penyerang Novel Baswedan Anggota Polisi dari Kesatuan Mana

Maya Rosfi'ah

4 Menteri yang Dinilai Layak untuk Dipertahankan Jokowi, Siapa Saja?

Maya Rosfi'ah

Respons Politikus NasDem Sikapi Kasus Dugaan Penganiayaan Saksi di Polsek Percut Sei Tuan

Maya Rosfi'ah

Saeful Bahri Merasa Diperas Dalam Kasus Suap PAW Anggota DPR RI Bacakan Nota Pembelaan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment