Image default
Travel

Pilot Ini Ungkap 6 Rahasia yang Tidak Diketahui Penumpang Selama Penerbangan

Berbeda dengan transportasi lain, penumpang pesawat tidak dapat melihat langsung kerja pengemudi, dalam hal ini pilot. Hal yang umum dilakukan adalah penumpang duduk di bangku, beristirahat, dan menunggu sampai tujuan. Sebenarnya untuk tahu kerja seorang pilot, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung di waktu tertentu.

Seperti yang diungkapkan oleh pilot Thomas Cook Airlines, Vicky McCarthy (26) berikut. "Kebanyakan orang takut tidak dapat masuk kokpit. Sebenarnya tidak ada salahnya bertanya kepada kru kabin. Jika terlalu sibuk di kokpit, maka kru kabin akan memberitahu," kata McCarthy. Di maskapai Thomas Cook Airlines, McCarthy mengatakan ada larangan bagi penumpang masuk kokpit pesawat saat tengah terbang.

Namun diperbolehkan saat di darat. Sebelum berangkat, rute perjalanan telah direncanakan. Namun jika di tengah perjalanan terjadi badai, pilot akan berinisiatif mengganti rute yang direncanakan.

"Cuaca itu tidak dapat diprediksi. Sebelum berangkat kami memiliki tavel cuaca. Umum bagi pilot mengganti rute karena cuaca, dengan persetujuan pemantau lalu lintas (traffic controller)," jelas McCarthy. Sebenarnya ia mengatakan pilot tidak merasa badai adalah situasi yang menakutkan. Biasanya pilot menghindari badai untuk kenyamanan penumpang.

Jika penumpang takut terbang, tidak ada salahnya mengatakan kepada kru kabin. Mereka dilatih untuk menenangkan orang yang takut terbang. "Mereka juga dapat menjelaskan apa yang sedang terjadi. Jika perlu pilot akan menjelaskan lewat pengumuman," kata McCarthy.

Kebanyakan orang berpikir minum alkohol yang banyak akan mengurangi rasa takut akan terbang. McCarthy menyarankan justru jauhi alkohol jika takut terbang. "Hal yang anda butuhkan adalah kontrol pada masa itu dan suasana tenang, jadi hindari minum minuman beralkohol," kata McCarthy.

"Banyak penumpang yang memberiku ekspresi yang lucu. Aku pikir mereka tidak biasa, karena tidak banyak wanita di industri ini dulu," jelas McCarthy. "Autopilot itu alat canggih yang dapat mengurangi beban kerja. Namun autopilot sekalipun masih memerlukan manusia untuk mengoperasikan," kata McCarthy. Ia menjelaskan pilot tetap harus siaga terhadap segala perubahan.

Terlebih pemantau lalu lintas udara dapat melakukan perubahan meskipun ada di udara.

Berita Terkait

jadi Surga Bagi Pecandu Teknologi hingga Punya Bandara Terbaik di Dunia 7 Fakta Unik Korea Selatan

Maya Rosfi'ah

Ini Alasan Beberapa Wisatawan Membatalkan Perjalanan menuju Singapura

Maya Rosfi'ah

Turis Bule Naik Mobil Ugal-ugalan Tabrak 4 Kendaraan di Bali Viral di Medsos

Maya Rosfi'ah

8 Spot Terbaik di Jakarta buat Melihat Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru 2020

Maya Rosfi'ah

Promo OVO Kulineran #PakeOVO, Dapat Cashback 60 Persen Di Boga Group Se Jabodetabek

Maya Rosfi'ah

Berlaku dari November 2019 Jadwal KA Lodaya & KA Malabar Terbaru

Maya Rosfi'ah

10 Destinasi Wisata Populer untuk Liburan Akhir Pekan di Jakarta

Maya Rosfi'ah

Ini 5 Hal yang Bisa Diminta Penumpang Pesawat di Penerbangan Traveler Perlu Tahu

Maya Rosfi'ah

Jalur Pendakian 9 Gunung di Indonesia ini Ditutup Sementara Awal Tahun 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment